Warga Didorong Wujudkan Keluarga Berkualitas

BELITUNG - Membangun keluarga menjadi modal utama membangun bangsa dan negara. Sebab jika sumber daya manusia di lingkungan keluarga berkualitas, berdampak positif terhadap peningkatan kualitas suatu bangsa. Kepala daerah diharapkan dapat mensosialisasikan dan menjalankan program peningkatan kualitas keluarga tersebut.

"Ini dapat dijadikan moment penting membangun keluarga sejahtera," kata Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sebelum membuka Peringatan Hari Keluarga ke XXI, Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XI, dan Hari Kesatuan Gerakan PKK ke XLII, tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2014, di Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Pandan, Belitung, Rabu (21/8/2014).

Di tingkat nasional, peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) telah dilaksanakan tanggal 14 Juni 2014 lalu di Surabaya. Untuk pelaksanaan peringatan di Bangka Belitung, panitia telah menyediakan sejumlah penghargaan bagi masyarakat yang berpartisipasi membantu pelaksanaan program peningkatan keluarga sejahtera. Hal ini sesuai tema yang diusung yaitu, melalui Hari Keluarga Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dalam Mewujudkan Indonesia Sejahtera.

Lebih jauh Gubernur mengharapkan agar masyarakat dapat mengubah pola pikir dan merencanakan kelahiran anak dengan baik. Jangan lagi mempunyai pemikiran banyak anak banyak rezeki. Pasalnya dengan melaksanakan program keluarga berencana, kualitas sumber daya manusia menjadi sempurna, dan itu dibutuhkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Sekarang ini banyak anak bukan banyak rezeki, tetapi banyak anak banyak masalah. Sebab seorang anak tidak cukup diberikan makan dan pemondokan saja. Anak juga harus dibekali pendidikan dan etika yang baik," tegasnya.

Gubernur mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Ia menjelaskan, sempurnanya pelaksanaan kegiatan ini berkat kerja keras panitia dan peran serta masyarakat Belitung sebagai tuan rumah. Ada dampak positif pelaksanaan kegiatan digelar di Kabupaten Belitung, terutama bagi pengembangan potensi wisata.

"Tamu undangan yang hadir dapat menjadi duta wisata, memperkenalkan potensi wisata di Belitung. Kawasan wisata di Belitung tak hanya dikenal di tingkat nasional saja, sebab sudah dikenal di tingkat internasional," jelasnya.

Sementara Sudibyo Alimoeso, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN mengatakan, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai refleksi untuk terus meningkatkan kualitas keluarga secara berkelanjutan. Untuk itu jumlah anak harus diatur dengan baik, Sehingga perempuan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Saat ini Indonesia masih menghadapi masalah pembangunan sumber daya manusia. Ia menegaskan, oleh sebab itu harus diselesaikan sejak dini. Meningkatkan kesejahtaraan dan kualitas keluarga menjadi program prioritas, dan keluarga berencana merupakan solusinya. Program ini sudah diadopsi lebih dari 59 negara. Agar program ini menjadi lebih baik, harus mendapat dukungan pemerintah daerah.

"Saya yakin program keluarga berencana di Belitung terlaksana dengan baik, sebab Bupatinya mantan penyuluh KB. Ini semua dapat meningkatkan kualitas keluarga," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Sahani Saleh Bupati Belitung. Ia mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini di Belitung, diharapkan dapat memicu peningkatan kegiatan gotong royong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini juga didukung pelaksanaan Belitung Expo yang bertujuan mengakomodir dan menunjang kegiatan PKK.

"Kita berharap kegiatan tingkat provinsi hingga nasional lainnya dapat dilaksanakan di Belitung. Kegiatan ini guna mempromosikan Kabupaten Belitung," harapnya.

Menurut Bupati, untuk menunjang pengembangan potensi wisata di Belitung, rencananya akan digelar event nasional serta mereklamasi kawasan Pantai Tanjung Pandam sekitar 500 meter. Jika pantai sudah seluas tiga sampai empat hektare, diharapkan dapat lebih mudah menggelar kegiatan penunjang pariwisata.

"Diharapkan para tamu dapat menyimpan kesan baik selama berada di Belitung," ungkapnya.

Sebelumnya Leni Rustam Effendi Ketua PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan mengharapkan masyarakat dapat meningkatkan nilai gotong royong dalam keluarga dan pembangunan. Selain itu masyarakat dapat mengerti arti penting sebuah keluarga berencana, sehingga putra putri mendapatkan kasih sayang.

"Telah dilaksanakan lomba dalam rangkaian kegiatan ini di antaranya, lomba gerakan PKK, lomba lingkungan hidup bersih dan sehat, lomba penyuluh keluarga berencana, lomba keluarga harmonis dan beberapa lomba lainnya," paparnya.(hzr/adit)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari