Warga Kenanga Dapat Hewan Kurban Dari Gubernur. 

KENANGA - Bulan Zulhijah salah satu bulan yang diagungkan oleh Allah karena dibulan ini terdapat dua peristiwa penting dalam perjalanan manusia. Peristiwa tersebut adalah peristiwa ibadah haji dan peristiwa ibadah kurban. 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memanfaatkan momentum ini untuk melaksanakan ibadah kurban karena menurutnya, berkurban, bukti insan bertakwa.

Orang nomor satu di Babel ini mengatakan, secara harfiah, kurban berarti dekat. Kurban dalam islam disebut al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi, kerbau, kambing, dan domba yang disembelih dipagi hari raya Idul Adha sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, dan bentuk ketaatan.

Untuk itu, gubernur tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Dibulan kurban ini, dirinya dan keluarga berkurban beberapa sapi. Salah satu hewan kurban tersebut diserahkan ke Masjid Al-Mukminun Kelurahan Kenanga Kabupaten Sungailiat. 

"Alhamdulillah saya bisa menyerahkan hewan kurban di masjid ini. Hewan kurban ini atas nama istri saya, dan saya mohon dapat diterima oleh pak ketua masjid," kata gubernur. 

Dikesempatan ini juga, bapak tiga anak yang dinilai para ulama sangat memperhatikan kemajuan Islam di Babel, berpesan kepada panitia kurban, agar hewan kurban yang sudah disembelih dapat diantar ke rumah masing-masing mereka yang berhak menerima. Hal ini guna menghindari kerumunan di era pandemi Covid-19.

"Daging sapi yang sudah dipotong harus kita antar kerumah penerima daging kurban, supaya mereka tidak berkerumun ketika mengambil daging kurban," jelasnya. 

Kepada masyarakat Kenanga, gubernur berpesan agar dapat memanfaatkan momentum bulan Zulhijah dengan melaksanakan ibadah kurban, terutama bagi masyrakat yang mampu. Karena menurutnya, orang yang suka berkurban menandakan seseorang itu bertakwa kepada Allah Swt.

"Perbuatan yang sangat disenangi oleh Allah Swt adalah ibadah sedekah, oleh sebab itu, orang yang suka bersedekah maupun berkurban sangan disukai Allah. Maka, mari di bulan ini, kita manfaatkan untuk banyak bersedekah maupun berkurban," pungkasnya. 

Dengan disaksikan para jemaah masjid, penyerahan hewan kurban ini diserahkan langsung oleh Gubernur Erzaldi kepada ketua masjid Al-Mukminun usai shalat subuh bersama. 

Sementara ketua masjid, Basarudin mengucapkan terimakasih kepada gubernur atas pemberian hewan kurban, dan menurutnya, pemotongan hewan tersebut akan dilakukan usai salat Idul Adha 1442 H, atau tanggal 20 Juli 2021.

"Alhamdulillah masjid kita mendapatkan hewan kurban dari bapak gubernur atas nama istrinya. Semoga hewan kurban ini menjadi amal ibadah bagi keluarga besar bapak gubernur, dan dagingnya akan kami serahkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya,' ungkap Basarudin senang. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan A. M.
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Dini

Berita

23/02/2021 | Dinas Kominfo
103,070 kali dilihat
15/08/2019 | DP3ACSKB
46,567 kali dilihat
17/12/2018 | Dinas Kominfo
29,018 kali dilihat
13/07/2017 | Dinas Kominfo
15,775 kali dilihat
06/05/2015 | Dinas Kominfo
11,135 kali dilihat
26/10/2017 | Dinas Kominfo
9,741 kali dilihat
28/01/2020 | Dinas Kesehatan
9,662 kali dilihat
29/04/2015 | Dinas Kominfo
8,416 kali dilihat