Yan Megawandi : Media Berperan Penting Dalam Memonitor Demokrasi

 
Pangkalan Baru - Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) merupakan suatu komponen dalam mengukur tingkat demokrasi di seluruh Indonesia. Melalui IDI kita akan tahu apa-apa saja persoalan yang sudah ditangani dan permasalahan apa saja yang ada di Indonesia, khususnya Provinsi Bangka Belitung. Untuk itu, media memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol dan memonitor jalannya demokrasi.
 
Hal ini dikatakan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Yan Megawandi saat membuka acara Forum Grup Discussion (FGD) Indeks Demokrasi Indonesia 2018 di Hotel Santika, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Rabu (24/4/2019).
 
Yan mengatakan media merupakan wadah masyarakat untuk menyampaikan berbagai aspirasi terhadap kinerja pemerintah. Baik media cetak seperti koran maupun media online dan media sosial. Saat ini menurut Yan, masyarakat lebih banyak menggunakan media sosial dalam menyalurkan aspirasi mereka. Namun, Yan menghimbau agar masyarakat harus dapat menyampaikan dan memberikan aspirasi dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
" Ini tugas kita bersama. Saat ini banyak berita hoax di media sosial. Meskipun media memiliki peran yang sangat penting dalam demokrasi, tetapi harus tetap berdasarkan data dan fakta yang sebenarnya, " ujar Yan.
 
FGD ini juga tidak kalah penting dari media. Menurut Yan, melalui FGD ini kita dapat mengetahui ide-ide yang relevan terhadap pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Ia berharap dengan FGD ini kualitas demokrasi di Indonesia dapat ditingkatkan secara terus menerus. Ia juga menghimbau agar semua peserta FGD yang hadir untuk dapat menghasikan data IDI yang akurat sehingga mampu menggambarkan kondisi real demokrasi khususnya di Bangka Belitung.
 
" Sebenarnya saat ini Indonesia sudah menjadi laboratorium dunia, hanya saja kita kurang menyadari bahwa kita sudah menjadi contoh demokrasi oleh negara lain, " ungkapnya.
 
Hal senada dikatakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bangka Belitung Darwis Sitorus bahwa peran media sangat penting dalam demokrasi. Menurutnya, dalam hal menumbuhkan dan meningkatkan peran masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, peran media sangat besar sebagai wadah untuk mendidik dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi. 
 
" Dalam hal menumbuhkan dan meningkatkan peran masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, peran media sangat besar sebagai wadah untuk mendidik dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi. Oleh karena itu, berita yang dimuat harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, " tegas Darwis.
 
Darwis menjelaskan tujuan disusunnya IDI 2018 antara lain untuk mengukur secara kuantitatif tingkat pelaksanaan demokrasi karena selama ini perkembangan demokrasi hanya diukur secara kualitatif berdasarkan perkiraan yang bersifat subjektif tanpa tolak ukur yang jelas. Selain itu, melalui IDI dapat mengukur perkembangan demokrasi pada tingkat provinsi di Indonesia dan memperoleh gambaran tingkat dan perkembangan demokrasi antar provinsi.
 
" Ada juga manfaat IDI ini agar membantu perencanaan pembangunan dibidang politik pada tingkat provinsi. Serta pemerintah pusat dan pemda maupun masyarakat dapat mengambil langkah-langkah kongkrit berdasar kajian ilmiah untuk memperbaiki kinerja provinsi masing-masing dimasa mendatang, " jelasnya.
 
Lebih jauh Darwis mengatakan IDI adalah suatu alat dektektor terhadap kondisi demokrasi suatu wilayah, yang pada akhirnya diharapkan dapat menjadi dasar bagi pemerintah dalam membuat kebijakan. Keberhasilan pembangunan demokrasi akan tercermin melalui peningkatan pembangunan ekonomi serta meningkatnya kesejahteraan dan keadilan dalam masyarakat.
 
" Oleh karena itu pembangunan demokrasi tidak akan pernah lepas dari sinergitas peran pemerintah dan masyarakat, " tegasnya.
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra