Yanti : DWP Center of Excellence

Pangkalpinang – Menjadi Dharma Wanita Persatuan yang Center of Excellence diharapkan segera dapat terwujud. Pasalnya  program unggulan tersebut harus dilaksanakan secara terintegrasi dengan pemerintah, masyarakat dan swasta.

“Pengembangan organisasi kedepan harus lebih baik lagi, yang didukung dengan peningkatan kualitas seluruh anggota DWP di tanah air. Ini akan memperkuat dan mendorong peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa,” ungkap Yanti Anita Syahrudin Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membacakan sambutan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (07/12/2015).

Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan mendorong perempuan kedepan yang bukan hanya mengubah perilaku dalam keluarga tetapi juga dapat ikut mengambil kebijakan dan keputusan menyangkut kepentingan kaum perempuan sehingga program unggulan Dharma Wanita Persatuan sebagai Center of Excellence dapat terwujud, dipaparkan Yanti.

Yanti mengatakan Dharma Wanita Persatuan akan membuat program-program berkelanjutan yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Lebih lanjut Yanti menjelaskan tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada masa-masa mendatang dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang tangguh sejahtera sangatlah berat. Kendati belum berhasil ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkannya.

“ASN sebagai aparat pemerintah yang menjadi pelaksana kebijakan program pemerintah wajib mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi, tidaklah lepas dari peran serta dan partisipasi anggota DWP," ungkapnya.

Melihat masih banyaknya persoalan yang perlu diselesaikan, kaum perempuan hendaknya selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi aktif dalam penyelesaian secara antisipatif.

“Kita tidak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini, seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak termasuk banyak sekali kasus kekerasan seksual terjadi terhadap anak-anak dibawah umur, penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja,” tegasnya.

Hal-hal tersebut menjadikan kita semua menyadari bahwa peningkatan kualitas dan ketahanan keluarga merupakan salah-satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Dharma Wanita Persatuan mengajak seluruh anggota diseluruh tanah air bersama-sama meingkatkan kualitas kita sebagai perempuan sehingga kita menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga,” tutup Yanti

Pada kesempatan yang sama Rustam Effendi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan HUT DWP ke 16 dapat dijadikan ajang introspeksi diri dan evaluasi bagi pengurus maupun anggota menuju kinerja yang baik dimasa depan.

“Setiap sejak tahun lalu apa yang telah dilakukan sesuai dengan peran dan fungsi DWP baik terhadap anggotanya maupun kepada masyarakat luas,” katanya.

Gubernur selaku penasehat DWP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga mengatakan DWP kedepan dapat meningkatkan perannya sebagai perempuan dan dapat berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari