Yuliswan: Informasi Keuangan Desa Harus Secara Transparan


Pangkalpinang- Kepala DPMD Prov. Kep. Babel, Yuliswan mengatakan Informasi keuangan desa harus dilaksanakan secara transparan sehingga tidak adanya prasangka negative yang timbul di masyarakat.

Untuk itu Yuliswan menginginkan kegiatan ini menjadi pilot project dalam pengelolaan keuangan desa yang dikelola berdasarkan akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran, “kata Yuliswan saat memberikan sambutan pada Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kaur Keuangan Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintahan Desa berbasis Siskuedes di Hotel Puncak Pangkalpinang (3/2019).

Dimana untuk tahun 2019 ini sistem keuangan desa sudah terperinci dan mengacu pada Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, “tegasnya.

Yuliswan menekankan bahwa dana desa saat ini cukup besar untuk pembangunan desa, untuk itu pelaksanaannya harus dilaksanakan dengan perencanaan dan pengawasan yang baik.

Fasilitas yang sudah dibangun di desa harus dimanfaatkan dan dirawat oleh masyarakat desa,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan BPKP Prov. Kep. Babel Faisal mengatakan perlunya mensinergikan program antara desa dengan kabupaten sehingga menjadi lebih efektif untuk mencapai tujuan agar upaya mensejahterakan masyarakat di desa betul- betul dapat terwujud. Desa harus punya program untuk mendukung program prioritas Kepala Daerah.

BPKP Prov. Kep. Babel akan terus melakukan pendampingan kepada desa yang belum mandiri mengaplikasikan Siskuedes karena kedepan Siskuedes ini betul-betul menggambarkan akuntabilitas secara nyata.

Dari 309 desa di Bangka Belitung baru 120 desa yang sudah menerapkan Siskuedes maka dari itu harus cepat didorong agar implementasinya bisa segera mencapai 100% dan untuk mencegah terjadinya tindak korupsi di desa diperlukan internal control dan perhatian dari dinas terkait, “tegasnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 36 kaur keuangan di 6 kabupaten se-provinsi Kep. Bangka Belitung mulai tanggal 4 sd. 6 Maret 2019 dengan narasumber dari Direktorat Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI dan BPKP Prov. Kep. Babel.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ratna Kusuma Dewi ( Pranata Humas DPMD)
Fotografer: 
Ratna Kusuma Dewi (Pranata Humas DPMD)
Editor: 
Fitra