Yunan Helmi: Kita Akan Tindaklanjuti Saran KPID

MUNTOK – Untuk memberikan layanan informasi yang cepat kepada masyarakat Bangka Barat, KPID Bangka Belitung menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk segera membentuk Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Kabupaten Bangka Barat. Pasalnya informasi melalui radio masih sangat diperlukan untuk menyampaikan pemberitaan pembangunan di daerah secara cepat.

Pandangan tersebut mengemuka ketika Ketua KPI Daerah Bangka Belitung, Rusdiar, M.Si bersama-sama dengan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik yang sekaligus Kepala Sekretariat KPI Daerah Bangka Belitung, Ahmad Fauzan Syahzian saat melakukan kunjungan kerja dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Yunan Helmi pada Kamis (19/1).

“Bangka Barat memiliki dua radio swasta yang mengudara disini. Kita memang telah memiliki agenda supaya Bangka Barat punya radio sendiri. Dan kami akan memikirkan kedepan agar Babar tidak kalah bersaing dengan daerah lain”, ujar Yunan.

Selanjutnya, Rusdiar mengemukakan agar Bangka Barat tidak ketinggalan dengan daerah-daerah di Babel yang telah memiliki radio pemerintah sendiri. Dan untuk mendapatkan Izin Penyiaran Publik, memerlukan tahapan-tahapan yang panjang. Dan KPID selalu mendorong setiap pemerintah daerah untuk memiliki LPPL radio.

“Kita akan mensupport Bangka Barat agar mereka memiliki LPPL sendiri. Hal ini bertujuan supaya fungsi pemerintah daerah berjalan, yaitu memberikan informasi pembangunan yang sedang terjadi di daerah tersebut. Harus disusun tahapan secara sistematis untuk memiliki LPPL radio karena tahapan-tahapan untuk mendapatkan Izin Prinsip Penyiaran LPPL tersebut sangat lama, dengan tahap awal mempersiapkan administratif berupa proposal pengajuan yang meliputi kesiapan dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat terkait Pendirian Radio” sambung Rusdiar.

Ketika ditanya apa langkah konkret dalam waktu dekat, Yunan akan menyampaikan ini kepada Diskominfo Bangka Barat. Pasalnya tugas Kominfo salah satunya adalah menyediakan media publik untuk menyediakan informasi.

“Kita sangat menyadari permasalahan penyelenggaraan komunikasi dan informatika di Bangka Barat belum berjalan sesuai dengan harapan. Karena itu Babar akan belajar kepada Diskominfo Babel bagaimana mereka dapat mendirikan LPPL radio”, pungkas Yunan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian
Fotografer: 
Endi Wijaya (Humas Babar)
Editor: 
Heru Subagio