Yuswandi: Babel Tempat Yang Ramah Bagi Saya dan Keluarga

PANGKALPINANG –Tidak terasa tugas Dr. Yuswandi A. Temenggung sebagai Plt. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berakhir pada 11 Februari 2017. Sebelum kembali bertugas sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Yuswandi menyampaikan nota laporan pelaksanaan tugasnya sebagai Plt. Gubernur kepada Rustam Effendi selaku Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Acara tersebut berlangsung di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada Minggu (12/02). Hadir pada serah terima laporan nota laporan pelaksanaan tugas Plt. Gubernur yaitu Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Danrem 045 Garuda Jaya, Kejaksaan Tinggi, Bupati/Walikota, pimpinan instansi vertikal serta dihadiri pula Sekretaris Daerah, Pejabat Esselon II dan Pejabat Esselon III di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Yuswandi bertugas sebagai Plt. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sejak 27 Oktober 2016. Menurut Yuswandi, tugas utama Pelaksana Tugas Gubernur adalah memastikan hubungan yang harmonis dengan DPRD dalam penyusunan APBD 2017, penyusunan Struktur Organisasi dan Perangkat Daerah dan bekerjakerjasama dengan penyelenggara pilkada serta pihak keamanan agar pilkada di Babel pada 15 Februari 2017 kondusif. Yuswandi juga menyampaikan kunci keberhasilan administrasi pemerintahan adalah tiada hambatan komunikasi pada level pemerintahan, mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

“Saya tidak akan dapat menyelesaikan tugas ini secara baik jika tidak didukung oleh pejabat Pemprov, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, kepala instansi vertikal dan masyarakat Babel. Daerah ini termasuk daerah yang aman dan ramah, sehingga saya merasa betah berada disini. Selama 109 hari atau lebih kurang 3,5 bulan sebagai Plt. Gubernur, amanah ini merupakan miniatur karier saya sebagai Aparatur Sipil Negara selama 35 tahun. Tugas-tugas saya sebagai Plt. Gubernur telah selesai, izinkan saya menyampaikan permohonan maaf jika ada kekhilafan”, kata Yuswandi.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi berpandangan tugas-tugas yang telah dilaksanakan oleh Yuswandi mampu dilaksanakan dengan baik, yaitu mampu mengawal pengesahan APBD tepat waktu, menyusun perangkat daerah sekaligus dengan penempatan pejabat esselon serta  mampu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait dalam persiapan pilkada Babel dengan baik. 

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Yuswandi yang telah mampu menjaga kondisi Babel kondusif. Jika ada yang kurang berkenan dalam pelaksanaan tugas Bapak, atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan permohonan maaf. Komunikasi harus tetap terus dibangun, semoga Bapak Yuswandi selalu sukses dalam melaksanakan tugas sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri,” sambung Rustam.

Rustam juga menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pilkada nanti. Catatan-catatan dari Tim Desk Pilkada Babel agar dapat segera ditindaklanjuti. Dan yang paling penting adalah bersama-sama mewujudkan Babel menjadi tempat yang paling aman dalam pelaksanaan pilkada nanti.

“Babel bukan daerah yang rawan konflik. Kita meyakini hal tersebut karena situasi kamtibmas disini aman.  Seluruh komponen telah bekerja secara maksimal, dan tahapan-tahapan tersebut hampir rampung. Tinggal pelaksanaan dan setelah pemilihan harus dicermati. Semua yang akan mengganggu situasi telah diminimalisir. Pemprov Babel dan Penyelenggara Pemilu serta pihak keamanan tidak akan berhasil menjaga situasi kondusif ini jika tidak didukung penuh masyarakat Babel,” pungkas Rustam.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian
Fotografer: 
Hery Setiyono