Pemprov Dorong Semangat Kewirausahaan di Kalangan Honorer

Pangkalpinang - Sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengembangkan SDM bagi para Honorer atau PHL, Pemprov Kep Bangka Belitung mendorong semangat kewirausahaan di kalangan honorer. 
 
"Kami ingin mendorong semangat kewirausahaan yang dimiliki para honorer sehingga dapat memberikan nilai tambah dan mengembangkan potensi serta kreativitasnya,” ujar Wagub Kep Bangka Belitung Abdul Fatah, di Lt. III kantor Gubernur di Pangkalpinang, Senin (11/02).
 
Saat ini, jumlah honorer Pemprov Kep Babel sebanyak 3299 orang. Dan  diakui Abdul Fatah, para tenaga kontrak hanya terfokus pada pekerjaannya sebagai PHL di Pemprov Babel. Melalui sosialisasi ini, jiwa dan semangat PHL dapat diisi dengan semangat   kewirausahaan.
 
"Kewirausahaan yang dimiliki PHL dapat memberikan nilai tambah, sekaligus berkontribusi bagi perekonomian terutama pertumbuhan ekonomi diberbagai sektor dan UMKM serta  membuka lapangan kerja di Bangka Belitung," imbuh Abdul Fatah.
 
Wagub mencontohkan bahwa seorang anak kecil sering dibelikan sepatu. Beranjak usia maka sepatu itu tidak bisa digunakan lagi. Lalu anak ini mulai bersama Ibu, kembali membersihkan sepatu kemudian menfotonya serta menjualnya secara online. Setelah dionlinekan, ternyata sepatu tersebut diminati masyarakat.
 
"Ini contoh dimana semangat kewirausahaan itu dibangun sejak usia dini. Dan hari ini langkah awal dari langkah selanjutnya yang sudah diprogres untuk membangun jiwa kewirausahaan bagi PHL kita," ucapnya.
 
Wagub menyakini dengan semangat kewirausahaan yang dimiliki, PHL bisa memulainya dengan hal kecil dan telaten dalam melakukannya sehingga mereka akan memiliki brand sendiri. Dengan memiliki brand sendiri, usahanya akan lebih mudah dikembangkan.
 
"Kita bangun semangat dan kemampuannya. Setelah itu mereka akan bangun brand sendiri. Kita juga akan berikan pelatihan agar mereka bisa memahami betul tentang kewirausahaan dan bisa menjadi wirausaha pemula," tegasnya.
 
Sementara Kadis Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung Hj Elfiyena mengatakan bahwa sosialiasi ini diikuti ratusan PHL yang mewakili OPD nya masing-masing. PHL yang hadir ini akan membagikan informasi terkait kegiatan ini kepada PHL yang ada di OPDnya.
 
"Melalui kegiatan ini, kita ingin menunbuhkan semangat kewirausahaan dikalangan PHL. PHL ini akan tetap bekerja seperti biasa namun mereka akan memiliki kemampuan lebih seperti berwirausaha," katanya.
 
Selain itu, Ia menambahkan bahwa PHL yang telah memiliki usaha, nanti akan dilatih dan difasilitasi agar memiliki legalitas usahanya.
 
"Nanti PHL yang memiliki semangat kewirausahaan akan kita latih dalam kelas agar jiwa dan semangatnya semakin tumbuh dan usahanya semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarganya," pungkasnya.
 
Sumber: 
Humas Dinas KUKM Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto