BPBD Provinsi Bangka Belitung Latih “Satuan Petugas Pramuka Peduli” Tanggulangi Bencana di Babel

Pangkalpinang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung  libatkan pramuka sebagai lini terdepan dalam pencegahan dan penanggulanan bencana daerah di Bangka Belitung.  
 
Mikron Antariksa, M.Ks, M.Si  selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka sekaligus  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan bahwa pemuda khususnya  yang tergabung dalam Satgas Pramuka Peduli memiliki kemampuan dalam memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat yang mengalami  kecelakaan maupun bencana.  
 
“Kegiatan ini merupakan inisiasi Kak Melati selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Babel. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 19 Maret 2019  dan diikuti oleh 90 orang yang berasal dari perwakilan anggota pramuka dari tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten/ kota serta dari komunitas-komunitas peduli bencana di Bangka Belitung” ujar Mikron.
 
Satgas Pramuka Peduli selama empat hari ini telah mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi CPR ( Cardiopulmonary Resuscitiations) dari Tim Dokter RSCM Jakarta serta Pelatihan Penyelamatan dan Evakuasi oleh BPBD Prov. Kep. Bangka Belitung. 
 
 Acara penutupan kegiatan hari ini, diisi dengan pelatihan simulasi “Water Rescue” yang dilakukan di Kolong Spritus.  Satgas Pramuka peduli dilatih untuk  mempraktekkan cara evakuasi korban dengan menggunakan perahu karet. Pelatihan ini dilaksanakan untuk menciptakan relawan yang professional, siap siaga dan waspada dalam penanggulangan bencana.
 
Relawan ini juga diharapkan mampu memberikan pertolongan medis bagi korban kecelakaan maupun serangan jantung. Selain acara simulasi, hari ini sekaligus  dilakukan Pengukuhan Satgas Pramuka Peduli Kwarda Kepulauan Bangka Belitung. 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Fitra