Gubernur Erzaldi Berharap Bantuan Bus Sekolah Berkelanjutan, Ini Penting

PANGKALAN BARU -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman berharap PT Angkasa Pura (Persero) bisa secara berkelanjutan menyalurkan bantuan bus sekolah. Sebab kendaraan bus ini penting untuk mengantisipasi dan mengurangi angka kenakalan remaja. Namun jangan lupa untuk memberikan bantuan lainnya bagi masyarakat Bangka Belitung.

"Salah satu penyebab kenakalan remaja, karena kurang kontrol orang tua terhadap anak-anak," kata Gubernur Erzaldi saat Peresmian dan Penyerahan Program Bina Lingkungan Monumental, PT Angkasa Pura II (Persero), di Terminal Lama Depati, Rabu (24/4/2019).

Kali ini PT Angkasa Pura menyalurkan bantuan berupa satu unit bus sekolah untuk masyarakat Kabupaten Bangka Tengah, empat unit bedah rumah terdiri dari dua unit di Bangka Tengah dan dua unit lainnya di Pangkalpinang. Ada juga bantuan ruang kelas, pembangunan toilet serta ruang tahfidz Qur'an.

Anak dibelikan kendaraan untuk pergi ke sekolah, lalu kata Gubernur Erzaldi, setelah pulang sekolah tak tahu kemana anak tersebut. Bantuan seperti ini sangat luar biasa, karena banyak BUMN setelah diminta baru memberikan bantuan. Sementara PT Angkasa Pura II melihat kebutuhan masyarakat.

Gubernur Erzaldi menilai PT Angkasa Pura mengerti dengan kebutuhan masyarakat. Jika banyaknya memberi bantuan melalui CSR, diharapkan kemajuan perusahaan bukan hanya melangkah, tetapi melompat. Siswa sekolah di Babel membutuhkan bus sekolah, sebab jarak sekolah dengan domisili jauh.

"Terutama untuk jenjang pendidikan SMP dan SMA. Kalau jenjang pendidikan SD, sudah ada di setiap desa. Sejak saya menjabat Bupati dulu, konsen menyediakan bus sekolah," kata Gubernur Erzaldi.

Selain membicarakan bantuan PT Angkasa Pura, Gubernur Erzaldi juga berharap peran dari perusahaan ini agar bisa mendukung pemerintah mendatang wisata lebih banyak ke daerah. Pemerintah berupaya membawa event pusat ke daerah, tentunya kebijakan ini perlu sinergi dengan Angkasa Pura.

Kegiatan yang padat semestinya diimbangi dengan jumlah penerbangan banyak pula. Menurut Gubernur Erzaldi, kejadian sekarang ini ada pengurangan jumlah penerbangan. Selain itu, harga tiket pesawat yang belum mengalami penurunan di Bangka Belitung dan Yogya.

"Harga tiket murah bisa membuat banyak orang berkunjung ke Babel. Perlu juga PT Angkasa Pura membina lokasi seperti pujasera yang bisa menarik pengunjung, syukur-syukur pengunjung yang datang dari luar Bangka Belitung," harap Gubernur Erzaldi.

Hal senada disampaikan Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh. Menurutnya, masyarakat sangat membutuhkan bus sekolah. Pemerintah terus menambah jumlah bus, namun penambahannya hanya satu unit. Sekarang sudah semua desa mendapatkan bus sekolah, namun masih kurang.

"Ini merupakan program Gubernur yang tidak ingin anak ke sekolah menggunakan motor. Mungkin tahun depan bisa mendapatkan bantuan ruang sekolah, karena Bangka Tengah juga perlu bangunan sekolah," ungkapnya.

Sebelumnya Direktur Keuangan Angkasa Pura II Andra Y Agussalam menjelaskan, perekonomian di Bangka Belitung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pemberian bantuan untuk masyarakat merupakan tanggung jawab perusahaan. 

"Hendaknya bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Kita berharap bantuan dapat dirawat dan digunakan untuk masa lebih lama," saran Andra.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli