Tenaga Kerja Lokal harus Tingkatkan Kompetensi, Ini Tujuannya

SUNGAILIAT- Bonus demografi yang dimiliki Indonesia akan mendatangkan banyak tenaga kerja asing ke Indonesia. Untuk itu, tenaga kerja lokal, termasuk tenaga kerja di sektor pariwisata harus siap bersaing dengan meningkatkan keterampilan dan kompetensi diri tanpa henti. 

Hal itu dikatakan Darnis Rachmiyati, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Kepariwisataan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) saat mewakili Kepala Dinas membuka kegiatan Sertifikasi House Keeping dan FB Service, di Novilla Boutique Resort, Sungailiat, Bangka, Rabu (24/4/2019).

Darnis  menambahkan, peningkatan keterampilan tenaga kerja lokal,  termasuk peningkatan keterampilan sumber daya pariwisata menjadi salah satu faktor penting dalam pembangunan kepariwisataan. Sebab, salah satu faktor pendukung suksesnya pembangunan kepariwisataan ditentukan oleh kualitas sumberdaya pariwisata.

“Berbicara pembangunan kepariwisataan, bukan hanya didukung oleh faktor infrastruktur dan keuangan, tapi juga tenaga kerja yang kompeten,” kata Darnis.                                                      

Disamping itu, Darnis menambahkan bahwa setiap individu sumber daya pariwisata harus mengembangkan diri.

“Sumber daya pariwisata yang kompeten dan sertifikasi saja tidak cukup. Pelaku wisata harus terus mengembangkan diri. Tidak cukup hanya sekadar mengetahui pengetahuan terkait profesi itu saja, tapi juga keunggulan atau budaya di daerah kita harus juga harus tahu,” tambahnya.

Perhatian dan dukungan Pemerintah  melalui Disbudpar Babel dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya pariwisata sangatlah besar. Hal ini dapat dilihat dari upaya sertifikasi yang masih dilaksanakan hingga saat ini. 

Mewakili LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) pariwisata, Faizal Riza Amry mengatakan, sertifikasi merupakan kewajiban bagi setiap individu yang mencari kerja.

“Ini kewajiban individu. Setiap orang yang mau bekerja di Indonesia, harus tersertifikasi,” kata Faizal.

Faizal meminta para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Saya sangat mengapresiasi upaya Pemprov Babel dalam rangka menyertifikasi sumber daya pariwisatanya. Untuk itu, saya minta agar adik-adik sekalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” pintanya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 68 orang peserta yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Pulau Bangka. Para peserta dibagi menjadi 2 kelompok, yakni House Keeping dan Food and Beverage Service. Kegiatan akan dilaksanakan hingga 2 hari kedepan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Ernawati Arif
Editor: 
Mamaq