Babel Deklarasi Siaga Bencana, Sekda Babel Minta OPD Siapkan Jalur Evakuas

PANGKALPINANG -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan deklarasi siaga bencana dalam rangka memperingati Hari Kesiapsigaan Bencana (HKB) Tahun 2019. Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Gubernur, Jumat pagi (26/4/2019), dipimpin langsung Sekda Babel Yan Megawandi dan diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Yan Megawandi dalam sambutannya meminta agar setiap OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuat jalur evakuasi. Hal tersebut untuk mengantisipasi dan meminimalisir jumlah korban jika terjadi bencana. Sebab lanjut Yan Megawandi, kejadian bencana bisa datang kapan saja.

"Kita tidak ingin terjadi bencana, namun jika sudah terjadi bencana maka sudah ada antisipasi dari kita. Sampai saat ini masih ada OPD belum membuat jalur evakuasi di tempat kerja," kata Yan Megawandi.

Menurut Yan, salah satu penyebab mengapa banyak korban saat terjadi bencana karena banyak masyarakat tidak mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukaan saat bencana mulai terjadi. “Salah satu yang membuat banyaknya jumlah korban ketika terjadi bencana karena ketidaktahuan bagaimana cara mengurangi risiko bencana. Untuk itu saya minta mulai sekarang setiap OPD harus sudah mempunyai jalur evakuasi.

Mengenai pembuatan jalur evakuasi tersebut, Sekda Yan Megawadi menyarankan agar setiap OPD bekerja sama dengan BPBD Provinsi. Tak hanya di kantor dinas saja, wilayah kerja UPTD juga harus memiliki jalur evakuasi ini. Jadi semua gedung mempunyai jalur evakuasi.

Sebelum melakukan penyelamatan terhadap orang lain, kata Sekda Yan Megawandi, setiap orang harus bisa menyelamatkan diri masing-masing ketika bencana. Setelah selamat kemudian menyelamatkan orang lain agar korban akibat bencana tidak banyak.

"Mulai sekarang tidak ada yang tidak memiliki peta jalur evakuasi, begitu juga UPTD. Ini bagian rencana jika terjadi bencana, walaupun kita tidak mengharapkan terjadi bencana," kata Yan Megawandi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda
Fotografer: 
Imelda
Editor: 
Mamaq