Peringati HKB,  BPBD Babel Ajak Masyarakat Tangguh dan Mandiri

PANGKALPINANG--Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 26 April, mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta menjadi masyarakat yang tangguh dan mandiri dalam menghadapi bencana.

Hal ini disampaikan oleh Mulyadi, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada acara Deklarasi Kesiapsiagaan Bencana di halaman Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (26/4/2019).

“Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ini berkenaan dengan lahirnya Undang-Undang 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana agar masyarakat memperoleh edukasi mengenai penanganan bencana tentang pentingnya mengetahui langkah-langkah untuk penyelamatan diri, keluarga dan masyarakat dalam bentuk evakuasi secara mandiri. Karena di Babel ini rawan akan bencana, banjir, puting beliung, kebakaran lahan, banjir rob dan longsor,” katanya.

Dikatakan Mulyadi, setelah acara Deklarasi Kesiapsiagaan Bencana ini, akan dilakukan simulasi  mandiri serentak dan pemeriksaan alat-alat keselamatan kebencanaan di instansi dan sekolah-sekolah. “Dan besok merupakan puncak Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ini,  dan akan kita dilaksanakan di Desa Bukit Layan, Kecamatan Bangkam, Kabupaten Bangka, ” ujarnya.

Pada rangkaian puncak acara Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Sabtu (27/4) akan dimulai dengan penananaman pohon oleh Komunitas Babel Peduli di sepanjang desa mulai dari Desa Kace sampai Desa Bukit Layang. Kegiatan penanaman pohon tersebut akan dirangkaikan juga dengan Pelantikan Desa Tangguh Bencana (Destana) serta pengukuhan 125 relawan di Desa Bukit Layang Kabupaten Bangka.

 “Kita bersama komunitas yang tergabung dalam Komunitas Babel Peduli, akan mengadakan konvoi aksi tanam pohon di 12 desa sekaligus mitigasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda
Fotografer: 
Imelda
Editor: 
Mamaq