Pelaku Usaha Pangan Diminta Segera Daftar PSAT

Pangkalpinang- Kepala Dinas Pangan, Pemprov Bangka Belitung Damiri meminta pelaku usaha Pangan untuk segera mendaftarkan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT). 

"Sesuai Peraturan Menteri Pertanian nomor 23 Tahun 2018, masyarakat perlu mendapat jaminan akan keamanan dan mutu pangan, untuk itu produk pangan segar perlu didaftarkan," kata Kadis Pangan Damiri pada saat Rakor keamanan pangan di Sun Hotel Pangkalpinang, Selasa (8/10/2019). 

Adapun prasyarat untuk PSAT Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PD-UK) untuk kategori usaha kecil, termasuk di dalamnya petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan pelaku usaha mikro dan kecil dengan melakukan perdaftaran PD-UK kepada Dinas daerah kabupaten/kota selaku OKKP kabupaten/kota. Sedangkan persyaratan administrasi yang menyertai antara lain :

Fotocopy KTP;
Fotocopy surat penetapan bagi Poktan/Gapoktan; 
Fotocopy surat keterangan domisili usaha, dan 
Profil usaha PSAT yang ingin diedarkan.
Selain itu, untuk kategori PSAT Produksi Dalam Negeri (PD) antara lain Pelaku Usaha menengah dan besar melakukan pendaftaran kepada Dinas daerah provinsi selaku OKKP provinsi. Persyaratan yang harus dilampirkan adalah :
Fotocopy KTP;
Fotocopy NPWP; 
Fotocopy Akte pendirian dan perubahannya; 
Fotocopy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP); 
Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan (TDP); 
Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha, dan 
fotocopy Merek dagang bagi produk yang mencantumkan tanda trade mark dan atau registered.

Sumber: 
Dinas Pangan Babel
Penulis: 
Dini