RAPAT TEKNIS DUKCAPIL SE-BABEL, SUSANTI BAHAS PELAKSANAAN DAK

BELITUNG-- Agar tujuan Dana Alokasi Khusus (DAK) penyelenggaraan administrasi kependudukan dapat tercapai dan pelaksanaannya berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan maka perlu adanya langkah-langkah seperti evaluasi pengelolaan DAK tahun sebelumnya dan perencanaan untuk DAK pada 2020.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti saat membuka kegiatan Rapat Teknis Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Terkait Pelaksanaan DAK Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Grand Hatika Tanjung Pandan Jumat (18/10/2019).

"Kami mengundang bapak ibu semua agar kita memiliki persepsi yang sama tentang pelaksanaan DAK 2020", terangnya.

Susanti juga menjelaskan mulai tahun 2017 dana dari pemerintah pusat yang tadinya dianggarkan melalui dana dekonsentrasi diubah menjadi dana DAK Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Salah satu tujuan adanya DAK ini yaitu untuk mendukung tertibnya administrasi kependudukan berbasis NIK melalui database kependudukan terintegrasi dari pusat hingga daerah. 

"Alokasi dana DAK kita untuk 2020 dianggarkan sebanyak  273.499.000 rupiah dan disini saya ingin kita berbagi ide dan gagasan agar dana DAK ini betul-betul bisa tepat guna", tegasnya.

Acara rapat teknis ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dari 7 Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisya Ayu