Dinas Pendidikan Gelar Festival Karya Anak dan Remaja

Pangkalpinang - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Festival Karya Anak dan Remaja  yang berlangsung di Ruang Pertemuan Hotel Aksi, Pangkalpinang, Kamis (21/11).  

Acara diawali dengan penampilan Tarian Mirom oleh Siswa SMA N 1 Pangkalanbaru. Tarian ini memiliki sarat makna rasa kekeluargaan, kekompakan dan kelestarian lingkungan, yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan menangkap ikan secara berkelompok di sungai.

Sekretaris Dinas Pendidikan Rita Aryani dalam sambutannya,, mengapresiasi kegiatan Festival Karya Anak dan Remaja sebagai wujud kreativitas dan menggali bakat seni anak, dalam menampilkan pesan-pesan positip yang dikembangkan dari hasil karya-karya terbaik. 

"Hasil karya seperti mendongeng, menulis cerita, tarian, dan lain sebagainya, dapat menghindari anak dan remaja dari pengaruh negatif lingkungan," ujar Rita Aryani.  

Kemudian upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia, agar mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 yang serba digitalisasi, Pemerintah dipandang perlu meningkatkan layanan pendidikan, agar berinovasi lebih baik sesuai dengan perkembangan zaman.

Selanjutnya, tantangan terbesar bagi kita, ketika anak sudah beranjak remaja akan mengalami perubahan fisik dan psikis yang cepat, terutama dalam mengadopsi perubahan lingkungan sekitarnya. Perlunya kontrol orangtua dalam memberikan pendekatan dalam menanggapi isu-isu negatif sehingga tidak terpengaruh pada perubahan pola pikir dan perilaku anak.

Lebih jauh ia mengatakan, peran orangtua mengarahkan anak untuk melaksanakan kegiatan positif sangat diperlukan, sehingga anak-anak tidak melakukan hal-hal negatif yang dapat merugikan mereka sebagai generasi bangsa.

Ia berharap, kegiatan Festival Karya Anak dan Remaja ini, dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemajuan dunia pendidikan, dalam mengukir karya terbaik anak bangsa.

Festival Karya Anak dan Remaja diikuti sebanyak 60 orang siswa, terdiri dari SMA Negeri 1 Kota Pangkalpinang, SMA N 1 Pangkalanbaru, SMP N 1 Koba, SKB Kota Pangkalpinang, dan Sanggar Gonk Production.

Tampak hadir dalam acara ini, Kepala Seksi Sumber Belajar Sub Bidang Pendidikan Anak dan Remaja Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Kepala Sekolah SMA/SMK se-Babel.
 

Sumber: 
Dinas Pendidikan
Penulis: 
Meilia