Tanggapan Gubernur Erzaldi Rosman Terkait Surat Permohonan Wali Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menjawab keresahan masyarakat sehubungan dengan beredarnya kabar di media sosial tentang adanya penutupan bandara di Kepulauan Bangka Belitung tadi malam, hari ini, Kamis (26/3/20).

Gubernur Erzaldi Rosman melalui siaran RRI Babel menyayangkan Surat Wali Kota Pangkalpinang terkait permohonan penutupan bandara yang dipublikasikan di media sosial. Hal ini dapat mengakibatkan masyarakat di Babel menjadi resah.

Akibat dari semua itu, Bupati Belitung, Bupati Belitung Timur, Kapolda Kepulauan Babel, dan masyarakat banyak yang menayakan hal ini kepada Gubernur Erzaldi Rosman.

“Sebetulnya kita memang ada rencana akan menutup bandara, karena data ke Babel itu semakin hari semkin banyak. Tetapi, hal ini bukan kewenangan gubernur dan bukan juga kewenangan wali kota dan bupati. Hal tesebut merupakan kewenangan pemerintah pusat, kita harus melakukan diskusi dengan Kemendagri, berdiskusi dengan menteri perhubungan,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.

Untuk meluruskan hal ini, Pemprov. Kepulauan Babel melakukan rapat dengan mengundang DPRD Provinsi Kep. Babel, forkopimda, serta para pejabat tinggi lainnya.

Gubernur Erzaldi Rosman sangat menyayangkan surat dukungan wali kota ini disebarkan di medsos, karena berakibat meresahkan masyarakat secara luas dan ini tidak diinginkan.

“Kalau kita salah-salah,ini membuat bingung masyarakat, sekarang kan sudah terbukti kebingungan masyarakat ,WhatsApp ( WA ) ke saya, WA ke satgas Covid-19, WA ke kapolda. Pak kapoldapun ditelepon oleh pusat, akhirnya saya nasehati pak wali kota, agar tidak mensharekan ini, karena akibatnya kurang bagus," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi Rosman menjelaskan, agar permasalahan ini dapat dipahami dan diketahui publik agar tidak menimbulkan polemik dan kurang baik di tengah masyarakat.

“Kita jelaskan kepada masyarakat, kalau menutup tidak sembarang tutup menutup, kita harus tahu stok pangan kita seperti apa, kondisi masyarakat kita seperti apa,kalupun terjadi penutupan itu harus di lakukan secara bertahab,dan melalui prosedur yang benar,tidak di lakukan tutup begitu saja,tidak bisa”, tegasnya. 

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, kalau bandara ditutup sekarang, sementara alat-alat kesehatan belum masuk dan obat-obatan belum masuk, ini akan menjadi permasalahan baru.

“Dan saya sampaikan kepada masyarakat Babel, tanggung jawab permasalahan ini tanggung jawab gubernur dan yakinlah saya bersama tim terus bekerja keras untuk menyelesaikan permasahan ini bersama dan surat yang beredar tersebut hanyalah bentuk dukungan kepada gubernur. Jadi, masyarakat jangan resah atas kejadian ini,” ungkapnya.

Sekali lagi Gubernur Erzaldi Rosman menegaskan masyarakat jangan terlalu mudah percaya terhadap kabar yang tidak resmi. Kabar yang resmi dikeluarkan oleh Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung, yang sudah melalui hasil rapat dan akan disiarkan melalui media resmi.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan.A.M
Fotografer: 
Dokumentasi Bidang IKP
Editor: 
Listya