Melati Erzaldi : E-Commerce Adalah Strategi UKM Memasarkan Produk

PANGKALPINANG -  Terus mendukung Usaha Mikro, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Belitung (Babel) Melati Erzaldi, berkesempatan memberikan arahan dalam acara Pelatihan E-Commerce Bagi Usaha Mikro di Sektor Fashion Muslim, di Cordela hotel Pangkalpinang, Rabu (15/9/2021).

Perkembangan internet dan teknologi yang begitu pesat melahirkan berbagai peluang dalam bisnis, salah satunya adalah pemanfaatan e-commerce sebagai sarana aktivitas jual beli secara online. Untuk itu, saat ini masyarakat dituntut harus adaptif dalam menghadapi perkembangan zaman, termasuk penggunaan media sosial. 

Ketua Dekranasda Melati dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pelatihan ini bertujuan agar memberikan pemahaman kepada para usaha mikro memanfaatkan media elektronik, sebab e-commerce menjadi strategi bagi para usaha mikro dalam memasarkan produk. 

“ E-commerce adalah strategi untuk para usaha mikro dalam memperluas massa. Karena bukan hanya masyarakat Babel yang melihat, tetapi juga masyarakat luas," ujarnya.

Disamping itu, Melati Erzaldi menekankan, dalam menjalankan usaha, persaingan bukan hal yang baru. Namun, dalam setiap usaha yang paling penting adalah konsistensi. Dengan konsisten, memberikan kekuatan untuk mendukung kesuksesan suatu usaha. Melati Erzaldi turut memotivasi bagaimana untuk bersaing dalam marketplace .

“Mulai sekarang pikirkan apa yang harus dilakukan untuk bersaing. Cari tahu apa yang menjadi kekuatan produk kita,” jelasnya.

Seorang pemateri dalam acara pelatihan e-commerce , Rangga Randika menyampaikan pendapatnya atas dukungan yang diberikan Melati Erzaldi dalam kegiatan tersebut. Ia menyepakati apa yang dipaparkan oleh istri Gubernur Babel ini.

“Luar biasa sekali untuk support Ibu Gubernur bagi para UKM. Secara langsung, apa yang diberikan Ibu Melati tidak hanya menginspirasi tetapi memberikan pandangan positif apa yang harus dilakukan oleh para UKM tersebut," katanya.

Rekan UKM, dilanjutkan Rangga, sebagai pondasi pemutaran ekonomi yang paling kuat di tatanan masyarakat. Tidak hanya kuat saja dalam bertahan, tetapi juga menjadi sumber kekuatan bagi masyarakat sekarang yang sedang bertahan dan ingin maju, sesuai slogan UKM "Ingin maju dan naik kelas".

Pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari pelaku usaha mikro di sektor fashion muslim ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu 15-17 September 2021. 
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Aci
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Caturangga