HUT ke-69 YPAC Pangkalpinang, Pj Gubernur Safrizal Pastikan Pemenuhan Hak Disabilitas

PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA turut hadir dalam Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) YPAC Pangkalpinang ke-69, yang dilaksanakan di Halaman YPAC, Rabu (7/2/24).

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kep. Babel pun memanfaatkan momen ini untuk memastikan pemenuhan hak penyandang disabilitas, serta kesejahteraan tenaga pendidik di YPAC. Salah satunya, dengan menyerahkan bantuan kepada pihak YPAC, yang diterima langsung oleh Ketua dan Kepala Yayasan.

Bantuan yang bersumber dari pribadi Pj Gubernur Safrizal, OPD Pemprov. Kep. Babel serta Bank BRI tersebut diharapkan dapat meringankan biaya operasional yayasan dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi anak-anak penyandang disabilitas di Kep. Babel, khususnya di Pangkalpinang dan sekitarnya.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan guru dan juga anak anak hebat yang ada di sini. Kedepan, kami akan menggandeng perbankan, perusahaan perkebunan, serta stakeholder lain untuk secara rutin memberikan support ke yayasan ini, juga yayasan yang serupa. Begitupun dengan anggaran untuk bangunan yayasan, dapat diajukan kembali sehingga dapat segera disusun perencanaannya,” ujarnya saat menyampaikan sambutan di hadapan anak-anak serta orangtua yang hadir.

Pria kelahiran 1970 ini, mengakui sejak kehadirannya di lokasi hingga menyaksikan beberapa penampilan anak-anak di panggung dirinya terharu sekaligus kagum mengingat anak-anak di bawah naungan yayasan YPAC Pangkalpinang mampu menampilkan potensi terbaiknya. 

“Luar biasa, anak anak sudah pandai pantonim, gangnam style. Sungguh perkembangannya luar biasa,” ujarnya memuji kepiawaian anak-anak dan juga guru-guru yang mengajar.

Anak-anak disabilitas dikatakannya merupakan  generasi penerus yang berhak untuk mendapatkan pendidikan dan berkembang secara optimal seperti anak-anak lain pada umumnya. 

“Potensi yang diasah sejak dini diharapkan dapat membuat mereka menjadi manusia yang mandiri. Oleh karena itu, pengabdian, ketulusan dan semangat dari segenap pengurus yayasan, para guru di YPAC Pangkalpinang harus mendapat apresiasi dari kita semua,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Pemerintah Provinsi Kep. Babel selalu berupaya untuk bisa hadir membersamai proses pembinaan dan pendidikan anak- anak Disabilitas Di YPAC Pangkalpinang yaitu dengan berbagai program yang ada di OPD-OPD yang terkait seperti Dinas Pendidikan untuk peningkatan kualitas guru dan pengembangan kurikulum pendidikan, Dinas Sosial untuk peningkatan aksesibilitas bagi anak-anak serta OPD lain yang terkait. 

Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan yang dilaksanakan. Yang mana pada akhirnya dapat meluluskan anak didik yang siap untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan memaksimalkan seluruh potensi yang ada pada diri mereka.

Lulusan terbaik angkatan pertama IPDN tersebut berharap, lewat peringatan ulang tahun YPAC yang ke-69 ini dapat menjadi  momentum bagi kita untuk memastikan anak-anak penyandang disabilitas di Kep. Babel secara keseluruhan memperoleh kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan dan meraih prestasi.                      

“Saya juga menghimbau dan mengajak masyarakat, jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Se-Kepulauan Bangka Belitung, untuk memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas. Kebijakan Pemerintah Daerah harus menjamin hak-hak tersebut. Aksesibilitas Perkantoran Pemerintah dan sarana publik harus ramah bagi penyandang disabilitas,” pungkasnya.

Penulis : Imelda
Sumber : Dinas Kominfo
Editor : Intan
Fotografer : Iyas Zi
Dibaca : 821 Kali